Tuesday, April 15, 2014

Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan

Seperti kata ibu yang selalu mengingatkan kita untuk melakukan sarapan alias makan pagi setiap hari. Ternyata naluri ibu agar jangan melupakan sarapan memiliki berbagai manfaat untuk memelihara kesehatan kita jangka panjang. Apa sajakah manfaat sarapan bagi kesehatan?



Pertama, resiko kita terkena demam menjadi lebih kecil

Para peneliti dari Universitas Cardiff Inggris mengatakan bahwa orang-orang yang terbiasa sarapan tidak mudah terserang demam, flu, dan penyakit pernapasan lainnya dibandingkan dengan mereka yang melewatkan sarapan setiap hari. Hal ini disebabkan sarapan meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Kedua, Kita menjadi tidak mudah depresi
Orang-orang yang terbiasa sarapan memiliki kemungkinan lebih kecil tertekan secara emosional, depresi, dan melakukan bunuh diri. Berdasarkan penelitian dari Universitas Bristol Inggris, kekurangan hormon serotonin akan menyebabkan kamu merasa kelelahan, tidak dapat berkonsentrasi, dan mudah terganggu.



Ketiga, Kolesterol akan menjadi lebih rendah
Menurut para peneliti di Nottingham, menghindari sarapan secara teratur dapat membuat kolesterol kamu lebih tinggi. Hal ini tentu saja tergantung pada pilihan hidangan pagi hari kamu.



Keempat, kamu akan menjadi lebih pintar.
Orang-orang yang sarapan senantiasa berpikir dan melaksanakan tugasnya dikantor dengan lebih baik karena memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang melewatkan sarapan seperti yang diungkapkan sebuah penelitian di The Journal of Psychiatric Research.



Kelima, kita akan hidup lebih lama.
Orang-orang yang mencapai usia 100 tahun mengonsumsi sarapan lebih teratur dibandingkan dengan mereka yang tidak mecapai usia tersebut. Demikian menurut penelitian The Stress Institute.



Nah, sudah tahu kan seberapa besar manfaat dari sarapan. Jadi nggak ada alasan buat kamu untuk menunda apalagi sampai meninggalkan sarapan dipagi hari ya..

Taken from : Rahasia Terkini Awet Sehat

0 comments:

Post a Comment