Sunday, April 20, 2014

Khasiat Cabai

Tahukah kamu bahwa dibalik pedasnya cabai ternyata menyimpan banyak khasiat pengobatan yang luar biasa? Ya, cabai ternyata kaya akan kapsaicin yang memiliki sifat vasodilator atau melebarkan pembuluh darah. Makanya saat kita makan dan merasakan pedas, kita akan berkeringat. Kemampuan vasodilator ini berarti mempunyai kemampuan afrodisiak. Dalam bentuk krim, ternyata kapsaicin bisa membantu mengurangi nyeri pada artritis serta sebagai pemati rasa untuk kulit.



Cabai juga mengandung antioksidan. Didalam buah cabai terkandung kapsaicin, kapsantin, karotenoid, alkaloid, atsiri, resin, minyak menguap, serta vitamin A dan C. Kandungan fito—kimia lain adalah solanine, solamidine, solamargine, solasodine, solasomine, dan steroid saponin (kapsisidin). Kandungan terakhir inilah yang berkhasiat sebagai antibiotik.



Saat disantap, rasa pedas dilidah dapat menimbulkan rangsangan ke otak untuk mengeluarkan endorfin (opiate endogen). Hasilnya, rasa sakit hilang dan timbul perasaan lebih sehat. Pada sistem reproduksi, sifatnya yang panas dapat mengurangi rasa tegang dan sakit akibat sirkulasi darah yang buruk.




Sayangnya, tidak setiap orang boleh mengonsumsi cabai secara berlebihan. Pengidap sakit tenggorokan, sakit mata, dan penderita gangguan saluran pencernaan tidak dianjurkan mengonsumsi cabai.

So, berani makan pedas?

Taken from:
Rahasia Terkini Awet Sehat

0 comments:

Post a Comment