Friday, October 24, 2014

Manfaat Buah Naga dan Memasak Kulit Buahnya

Beberapa hari lalu saya sempat membeli buah naga yang bisa dikatakan dengan harga yang tidak murah. Tapi memang pantaslah, apalagi belinya juga harus di swalayan sebab tidak ada dipasar. Buah yang bernama latin Hylocereus polyrhizus ternyata berasal dari Amerika Tengah dan menyebar hingga ke Asia Tenggara. Di Indonesiapun biasanya buah ini dibudidayakan dilereng gunung karena cuacanya yang dingin. Tempo hari saya sendiri sering melihatnya didaerah magelang dan wonosobo yang secara daerah-daerah itu terdapat gunung Merapi dan Sumbing-Sindoro.  

Secara umum, setiap buah naga merah dan putih mengandungi protein, serat, karotin, kalsium, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin C. Kandungan nutrisi tersebut menjadikan buah naga banyak dicari untuk dikonsumsi.




Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Buah naga memang belum begitu lama masuk ke Indonesia. Namun manfaat buah naga yang begitu besar bagi kesehatan, menjadikannya sebagai buah yang sangat populer dalam waktu singkat. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah naga:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi pada buah ini sangat baik bagi menjaga kesehatan tulang dan gigi kita. Mengkonsumsi buah ini secara teratur sangat baik bagi para manula untuk mencegah dari osteoporosis dan juga tulang keropos.

2. Mencegah diabetes melitus

Buah naga juga dipercaya dapat mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil.

3. Menghambat penuaan dini


Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga membantu menjaga tubuh kita dari radikal bebas, sehingga mampu menghambat proses penuaan dini. Zat anti oksidan yang dimiliki buah naga dipercaya sama tingginya dengan zat antioksidan yang terkandung pada buah apel.

4. Mencegah Kanker

 Buah naga juga dapat mengatasi dan mencegah terjadinya kanker.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan vitamin B3 yang terkandung bagi buah ini, bila dikonsumsi secara teratur mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Menghaluskan kulit wajah

Menurut Prof. Dr. Muhammad Yusuf, ahli pengobatan tradisional China, dalam kebudayaan Tionghoa buah naga dipercaya menghaluskan kulit wajah sehingga tampil lebih cantik

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit dan juga baik untuk menjaga kesehatan kulit kita.

8. Meningkatkan nafsu makan

Bila memiliki balita yang susah makan, maka mengkonsumsi buah naga dipercaya bisa menaikan nafsu makan. Hal ini dikarenakan di dalam buah naga terkandung vitamin b1 dan b2 yang merupakan bahan baku suplemen untuk penambah nafsu makan.

9. Kulit buah naga

Manfaat dari tumbuhan ini bukan hanya terletak pada buahnya saja. Tapi ekstrak daun dan kulit buahnya dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor.


 Memasak Tumis Kulit Buah Naga

Seperempat bagian dari berat buah naga adalah kulitnya, jadi sayang juga kalau langsung dibuang tanpa diolah dulu.

Siapkan Bahan:
-Kulit buah naga iris-iris sekitar 2-3 centimeter cuci langsung tiriskan
-Tempe potong dadu sebagai campuran


Bumbu:
Cabai, bawang merah, bawang putih, iris tipis
gula jawa, daun salam, terasi, saus tiram, minyak goreng


Cara:
Tumis bumbu hingga harum masukkan potongan tempe dan kulit buah naga, masak hingga matang. Lalu siap disajikan.



Inget ya.. kulit buah naga menghasilkan lendir jadi sebelum diolah baiknya didiamkan minimal 30 menit. Sepertinya dibikin sup lebih enak, karena dengan ada lendirnya ini tidak perlu dicampur dengan tepung maizena (belum dicoba). Hehe

Ya, alternatif aja kalo pengen ngerasain juga manfaat dari kulit buah naga.  Dan untuk bahan tambahan bisa yang lebih enak dari tempe, seperti ayam, baso, tahu sutra, dsb.



11 comments:

  1. buah naga adalah buah yang dahyat selain enak buah naga juga memiliki mineral yang terkandung dalam buah naga adalah fosfor dan kalsium. keduanya memiliki peran dalam pembentukan tulang, gigi, dan perkembangan sel. makasih

    ReplyDelete
  2. thanks juga telah membuat komentarny
    sama2

    ReplyDelete
  3. Menjaga dan merawat tubuh itu sangat perlu dilakukan, selain membuat kita menjadi segar dan terawat, tentunya memberikan kita semangat untuk terus menjaga kesehatan lebih baik lagi. Untuk penulis artikel di atas, terima kasih sudah berbagi. ;) Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  4. Manfaat buah-buahan sangat bermanfaat terhadap tubuh, apa lagi buah-buahan dapat kita temukan dan kosumsi setiap harinya. Dengan memanfaat buah tentunya tubuh kita selalu sehat dan terbebas dari penyakit. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  5. Makasih untuk semua komentar diatas ya.. :)

    ReplyDelete
  6. maaf mau tanya dihilangkan lendirnya didiamkan di suhu ruang ya? atau di rendam dengan air? terima kasij

    ReplyDelete
  7. Pertanyaan yang sama...menghilangkan lendir kulit buah naga direndam pake air atau cukup didiamkan saja mbak??

    ReplyDelete
  8. Buah naga kaya nutrisi, kaya antioksidan, mudah didapatkan di pasar sekitar kita, harganya juga lumayan terjangkau.

    ReplyDelete