Saturday, September 30, 2017

Memasak Tengkleng Ala Amatir

Menulis blog dilengkapi dengan curhat seperti sudah jadi kebiasaan saya, bahkan termasuk blog memasak seperti ini, haha. Ya, baiklah. Ini masih tentang bagaimana  membangkitkan gairah saya menulis. Harusnya setiap hari nulis walaupun Cuma hal yang ringan dan sebaiknya tidak di media sosial. Tapi itulah saya, yang terbiasa break my own rules. Okelah..

Ini pengalaman baru kemarin ya.. pas lebaran Idul Adha. saya bilang Ala amatir karena emang saya buka seorang jago masak. Dan metode masak yang saya gunakan sangat simple alias sederhana dan dapat diterapkan oleh orang yang ga bisa masak sekalipun. Contohnya ada temen kuliah saya yang baru nikah ga bisa masak tapi setelah saya kasih tahu triknya sekarang dia jadi maniak masak... Duh, kapan gue bisa masakin suami gue ya? Hixhix..
nah kan, baper.. hahaha


Sumber : kulinersehat.com 

Oke kembali ke laptop. Pada Idul Adha yang lalu saya pulang ke Semarang dan merayakan hari besar ini disana. Setelah penyembelihan binatang kurban didapatlah beberapa kilo daging kambing maupun sapi. Nah, dibikin tiga versi tuh.. yang daging sapi dibikin rending. Daging kambing dibikin sate bakar, jeroan dan tulang dibiking tengkleng, sederhananya ini adalah Gulai encer alias tanpa santan.

Membuat rendang dan sate tidak saya jelaskan disini karena ketinggalan momen memotretnya. Lagipula waktu itu yang masak bukan saya, jadi yang saya masak aja dan saya potret walau hasil akhirnya nyomot web, hedeuh.. 


Bahan :
1.       Jeroan dan tulang kambing
2.       Nanas parutan/ blenderan


 Bumbu
1.       Bumbu gulai instan
2.       bawang merah,
3.        bawang putih,
4.       ketumbar
5.       kunyit,
6.       daun salam
7.       daun jeruk wangi
8.       cabai rawit
9.       daun korokeling


Cara Membuat :
1.       Jangan dicuci dulu dagingnya ya.. Tapi direndam pakai parutan nanas paling tidak 30 menit. Ga boleh lebih dari 45 menit kalo dagingnya ga pengen remuk. Baru setelah 30 menit boleh dicuci bersih. Apa fungsi dari nanas ini? Karena nanas mengandung enzin bromelain yang dapat melunakkan daging.

1.       Siapkan juga bumbu mentah tadi yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kunyit diuleg atau diblender saja biar halus.


2.       Setelah dicuci bersih rebus dengan air bersama bumbu mentah sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan bumbu instan, daun salam, daun jeruk wangi, daun korokeling, dan cabai rawit utuh. Baru campurkan bumbu penyedap lain seperti garam, micin, atau royko, masako, dkk. 




1.       Tengkleng siap disajikan. Duh, jadi ngiler kan.. hehe..





NB:
·         Menambahkan garam sebaiknya diakhir jangan ditengah, karena proses pendidihan yang tinggi akan membntuk senyawa baru pada masakan yang ketika dimakan dapat mengakibatkan kandungan garam terlalu tinggi mengalir dalam darah bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi
·    Makanan seperti ini harus rutin diangetin biar ga basi. Sarannya saat mau malam dan saat mau dimakan, biar enak







0 comments:

Post a Comment