Thursday, May 7, 2020

Rajungan Asam Manis Pedas

Sudah puluhan purnama saya males ngisi blog pengalaman masak saya ya.. Daripada mubadzir foto-foto masakan saya, maka di-publish aja. Masakan saya kali ini berhubungan dengan bulan purnama, lha kok bisa? Ya, bisa, hehe. Jadi bahan makanan yang akan saya masak ini memiliki daging yang gemuk pas bulan purnama. Ga percaya? Coba aja kalau memasak keluarga kepiting atau crustacea pas bulan purnama atau tangal 13,14,15 pada bulan ditahun hijriah. Menurt nelayan setempat, pada saat bulan purnama crustacea berpesta menyambut cahaya purnama. Katanya,lho. ga tau menurut penelitian ilmuwan. hehe

Untuk membuktikan kepadatan daging binatang yang tinggi mineral dan zink alami.Nah.. kepiting apa yang akan saya masak? Yaitu kepiting rajungan…



Bahan :
1.       Kepiting rajungan

2.       Jagung manis

Bumbu halus :
1.       Bawang putih
2.       Bawang Merah
3.       Merica
4.       Cabe merah



Bumbu celup :
1.       Lengkuas
2.       Jahe
3.       Daun salam
4.       Saus tomat
        Bawang bombay iris
5.       Daun bawang
6.       Garam, gula dan penyedap rasa


Cara Memasak :
Banyak cara bagaimana untuk measak rajungan . Kalau mengikuti cara saya yaitu :
1.        Rebus dulu rajungan setengah matang atau cukup sampai air mendidih, sisihkan sebagian air rebusan,

2.      Haluskan bumbu halus dengan cobek atau blender atau chopper

3.       Lalu tumis bumbu halus dengan sedikit minyak
4.       Setelah harum masukkan air kira 100 ml kedalam wajan
5.       Masukkan jagung dan bumbu celup

6.       Lalu masukkan rajungan yang sudah setengah matang tadi
7.       Masak hingga matang dan asat (air kuah surut)
Gitu aja gaez ternyata. Kenapa saya taruh jagung duluan sebelum rajungan? 
biar lunak dan manisnya dari jagung nyampur ke kuah.  Nah, nyatanya karena enak ga cocok sama nasi tapi enak digado. Kalo lauk nasi sudah ada sendiri yaitu pepes. Next, saya bagi resepnya ya..



0 comments:

Post a Comment