Friday, September 5, 2014

Nasi Ayam Hainan Enak “Ounty Liem”

Sekarang di Asia Tenggara terutama daerah Singapura, Malaysia, dan Thailand sedang populer dengan makanan nasi Hainan. Apalagi alasannya? Selain rasanya enak juga karena bergizi dengan harga yang relatif terjangkau. Apakah Indonesia akan menyusul dengan menjadikan nasi Hainan sebagai makanan populer selanjutnya? Dan apa kamu mau juga nyobain rasa nikmatnya?  

Asal Usul Nasi Hainan

Nasi Ayam Hainan atau di Indonesia lebih sering disebut juga dengan Nasi Hainan adalah merupakan masakan Tionghoa yang berasal dari wilayah Hainan, China. Karena banyaknya orang-orang suku Hainan yang merantau dan tinggal di Malaysia dan Singapura,mereka lalu memperkenalkan dan mengembangkan masakan ini, sehingga menjadikan Nasi Hainan  identik dengan Negara Malaysia dan Singapura.

Nasi lezat ini dimasak dengan menggunakan kaldu ayam secara terus menerus, sehingga menjadikan Nasi Hainan ini menjadi sangat harum dan lembut. Nasi ini biasanya disajikan dengan daging ayam rebus ataupun panggang, kuah kaldu, sambal jahe, dan juga bawang putih.
Daging ayam dibuat melalui kaedah tradisional Hainan, yaitu merebus satu ekor ayam dalam pati tulang atau khinzir. Orang hainan lebih menyukai ayam yang gempal dan matang untuk memaksimumkan minyak yang diekstrak, sehingga sajian nasi yang menggunakan kaldu ayam ini lebih kuat rasa dan aromanya. Sajian nasi ayam Hainan lama kelamaan menerapkan gaya masak Kantonis yaitu menggunakan ayam yang lebih muda untuk daging yang lebih lembut.
Sajian nasi Hainan sering disajikan dengan sayuran (ketimun) dan saus chili serta serbuk halia (halia merupakan sejenis tumbuhan yang selalu digunakan sebagai rempah perasa dalam makanan, tanaman ini dipercaya berasal dari Cina yang kemudian penggunaannya merebak hingga ke India, Asia Tenggara, Afrika Barat dan Karibia).
Saus tiram bercampur dengan bawang putih juga sering digunakan sebagai saus nasi Hainan.
Ounty Liem Chicken Rice

Nah, bagi kamu-kamu yang penasaran dengan rasa dari nasi hainan atau chicken rice ini, tidak ada salahnya kamu order makanan di Ounty Liem Chicken Rice. Siapakah Ounty Liem itu?


Ounty Liem menghabiskan masa remajanya di Singapura. Di masa-masa itu, setiap hari Ounty Liem makan Hainan Chicken Rice untuk makan siang atau makan malam. Hingga kini, hainan chicken rice tetap menjadi makanan favoritnya.
Kini, Ounty Liem sudah menikah dan punya 3 anak. Dia memasak Hainan Chicken Rice untuk anak-anaknya dan secara otomatis menjadi masakan favorit keluarga. Dia memasak Hainan Chicken Rice hampir setiap akhir pekan untuk anak-anaknya dan tentu untuk acara pertemuan keluarga.
Dengan beriringnya waktu, ia akhirnya punya resep Hainan Chicken Rice sendiri. Setelah banyak orang mencicicpi resep favoritnya itu, maka resep Ounty Liem pun jadi favorit mereka. Kini, resep andalannya itu menjadi salah satu yang dicari orang-orang untuk makan malam!
Dengan dukungan dari keluarga dan teman, Ounty Liem akhirnya memberanikan diri membuka delivery order… Menurut Yulia, salah satu juru masak Ounty Liem, Ounty Liem halal, tidak menggunakan MSG dalam bentuk apapun, purely kaldu ayam dan lemak ayam yang ayamnya dibumbui dan didiamkan selama 6 jam. Nah buat kamu yang mau mencoba atau mencicipi, bisa order di Ounty LIem cabang Kemang Raya, atau bisa klik DISINI.





Referensi:
http://www.ountyliem.com/

0 comments:

Post a Comment